Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Advertisement



Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh kebanyakan orang saat ini karena gaya hidup msyarakat yang telah berubah drastis, seperti makan makanan yang banyak mengandung kolestrol, makanan cepat saji, merokok dan lainnya.

Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Nah, bagi yang belum tahu apa itu darah tinggi atau dalam istilah medisnya hipertensi, saya akan menjelaskan sedikit pengertiannya. Darah tinggi adalah salah satu penyakit dimana tekanan darah melebihi 140/90 mmHg pada saat tubuh dalam keadaan normal dan berlangsung dalam waktu lama, hal ini menyebabkan jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah keseluruh tubuh. Karena tekanan darah tinggi adalah penyakit yang dapat menyebabkan penyakit lain seperti stroke ataupun jantung, darah tinggi dapat dikategorikan penyakit yang berbahaya jika tak kunjung-kunjung sembuh dalam waktu yang lama.

Gejala Tekanan Darah Tinggi
Sakit kepala, gejala ini mungkin dapat menjadi patokan awal ketika anda mengalami darah tinggi karena hampir semua orang yang mengalami hipertensi diawali dengan sakit kepala.

1. Mudah lelah, orang yang sedang mengalami darah tinggi biasanya sangat cepat sekali mengalami kelelahan.

2. Mual dan muntah, ini dapat terjadi karena orang yang mengalami darah tinggi nafsu makannya berkurang dan membuat penderita mengalami mual dan muntah.

3. Gelisah, gelisah yang diakibatkan pada penderita tekanan darah tinggi biasanya karena faktor stres.

4. Penglihatan kabur, biasanya karena mengalami pusing berat akibat tekanan darah yang naik secara tiba-tiba dan mengakibatkan penglihatan menjadi kabur. Tak hanya itu, penglihatan kabur juga bisa disebabkan karena kerusakan otak pada pengidap hipertensi.

5. Kehilangan kesadaran, karena faktor tekanan darah yang naik secara tiba-tiba dapat mebuat penderita pingsan atau tak sadarkan diri.

Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi
Untuk obat memang sangat banyak beredar dan sangat mudah ditemukan oleh penderita hipertensi, berbeda halnya dengan hipotensi. Berikut ada beberapa resep obat alami yang dapat anda konsumsi dengan tetap terus mengkonsumsi resep dari dokter.

Mentimun
Mentimun memang terkenal dari dulu dapat membuat tekanan darah tinggi anda turun secara cepat, untuk mengolahnya anda dapat memarut halus mentimun untuk ukuran 1 gelas dan dicampurkan dengan sedikit gula. Konsumsi jus mentimun tersebut 2 kali sehari.

Semangka
Hampir sama dengan mentimun, semangka dapat membuat darah tinggi anda turun. Cukup konsumsi semangka 200 gram perhari untuk menurunkan tekanan darah anda.

Tomat
Buah yang termasuk juga sayur ini memang terkenal dengan kandungan Vitamin C yang melimpah. Selain itu juga dapat membuat pencernaan anda lancar karena tekstur buahnya yang lunak. Serta juga dapat membuat tekanan darah anda turun, caranya cukup makan mentah-mentah atau dapat juga dijadikan jus tomat.

Jeruk
Hampir sama seperti tomat, jeruk juga terkenal dengan kandungan vitamin C yang cukup banyak terkandung. Selain itu jeruk juga mengandung anti oksidan potasium, serat, dan rendah sodium yang cocok untuk menurunkan tekanan darah anda.

Sayuran
Sayuran dapat membuat darah tinggi anda menciut karena mengandung potasium yang cukup tinggi serta kandungan sodium yang cukup rendah. Anda dapat memilih sayuran seperti bayam ataupun brokoli.

Demikian cara mengatasi tekanan darah tinggi / hipertensi, usahakan untuk rutin mengkonsumsi bahan-bahan alami diatas agar tekanan darah anda tak kambuh. Jangan lupa juga biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna serta ditambah olahraga.


{ 2 comments... Views All / Send Comment! }

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas informasinya

ilham nur rizki mengatakan...

mantap dah.. tipsnya

Tinggalkan Komentar untuk Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi