Tips Membeli HP Second / HP Bekas

Advertisement



Tips Membeli HP Second / HP Bekas - Untuk zaman teknologi seperti sekarang, memiliki ponsel atau yang biasa disebut hp adalah keharusan bagi setiap orang karena hampir setiap orang memerlukan fungsi dari hp tersebut. Untuk fungsinya sendiri, kegunaan hp kini sedikit berubah dari yang dulunya hanya untuk menelpon dan sms saja sedangkan sekarang digunakan tak hanya untuk komunikasi saja tetapi untuk hiburan seperti fitur kamera, internet dan lainnya.



Nah, bagi anda yang Ingin punya ponsel atau hp baru tapi uang pas-pasan, mungkin hp second atau hp bekas bisa menjadi pilihan tepat bagi anda saat ini. Biasanya hp seken dalam kondisi baik harganya bisa turun sampai 30% - 40% dari harga aslinya, bahkan untuk hp made in china harganya bisa turun sampai 50% dari harga aslinya. Sebelum memilih sebuah hp seken, ada baiknya anda mengetahui apa saja hal yang harus anda tahu sebelum anda menyesal nantinya. Berikut tips-tips yan perlu anda tahu sebelum membeli hp second:

Kelengkapan
Ini adalah hal yang paling penting ketika hendak membeli hp seken, periksalah terlebih dahulu apa-apa saja yang akan anda dapatkan jika membeli hp baru tersebut misalkan memory card, headset, batrei ataupun lainnya. Dan jangan ragu untuk menanyakan pada si penjual jika anda merasa ada yang tak komplit. Serta usahakan untuk membeli hp yang memiliki kotak hp, buku manual, dan CD Driver agar anda dapat lebih tahu tentang hp tersebut.

Kondisi
Setelah anda sudah merasa komplit, kemudian periksalah setiap bagian pada hp apakah ada yang bermasalah. Biasanya untuk permasalahan hp yang paling sering ditemukan adalah batrei, layar dan speaker.

Harga Asli
Anda perlu tahu harga asli ponsel tersebut sebelum ingin membeli yang seken, lihatlah penurunan harganya dan bandingkanlah terlebih dahulu. Untuk hp china biasanya memang turun sangat drastis.

Periksa Sinyal
Cobalah memasukkan sim-card sebelum memutuskan untuk membeli hp tersebut. Jika memang sinyal tidak memuaskan, coba gunakan sim-card lain dan jangan ragu tanyakan jika sinyal hp bermasalah.

Periksa Nomer IMEI
Periksa nomer IMEI yang ada dibelakang setiap hp, lalu cocokkan dengan nomer IMEI yang ada dalam sistem hp tersebut ataupun pada kotak hp (jika ada). Ini perlu anda lakukan jika anda berniat menggunakan hp tersebut untuk dijual kembali di kemudian hari.

Periksa PIN (untuk BB)
Bagi yang sedang mencari BB atau Blackberry, anda harus memastikan bahwa PIN dalam BB tersebut tidak di-suspend atau diblokir. Biasanya PIN BB yang diblokir menandakan bahwa BB tersebut ilegal ataupun hasil curian.

Garansi
Tanyakan kepada penjual tentang garansi yang masih dimiliki hp second tersebut, tapi biasanya untuk hp yang telah berusia lebh satu tahun garansi resminya sudah kadaluarsa. Tanyakan juga berapa hari penjual bisa memberikan garansi / menjamin hp second tersebut sesuai dengan apa yang dikatakannya, buatlah surat perjanjian jangan hanya menggunakan ucapan lisan.

Jangan Mudah Tergiur
Ini juga yang paling terpenting ketika membeli sebuah barang, tak hanya hp second. Biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas barang, anda patut curiga jika seseorang menjual hp second terlalu murah dibandingkan harga dipasaran dan anda harus lebih berhati-hati jika ada orang yang menjualnya terlalu murah.

Demikian Tips Membeli HP Second / HP Bekas, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari hp second.


{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Tinggalkan Komentar untuk Tips Membeli HP Second / HP Bekas