Spesifikasi, Review dan Harga Canon EOS 650D

Advertisement



Spesifikasi, Review dan Harga Canon EOS 650D – Beberapa waktu yang lalu admin sempat melihat sebuah iklan komersial di salah satu TV swasta Indonesia yang menayangkan tentang kamera DSLR Canon terbaru, yaitu EOS 650D. WOW, saati itu admin langsung kesemsem dengan salah satu kamera DSLR keluaran canon ini, apalagi dengan fitur touchscreen atau layar sentuhnya.


Sudah lama, admin ingin punya kamera DSLR apalagi setelah melihat iklan komersial ini tapi apadaya uang tak ada hehehe. Nah, saat ini admin bertekad mengumpulkan uang untuk membeli kamera ini. Jika anda sama juga seperti saya, tak salahnya sebelum berniat membeli kamera ini untuk mengetahui fitur, spesifikasi serta harga Canon EOS 650D terlebih dahulu. Berikut fitur, spesifikasi, serta harga Canon EOS 650D, silahkan baca dengan jeli:

Canon EOS 650D ini dipersenjatai dengan resolusi 18 megapixel dengan aspek rasio 3:2. Serta dibekali dengan sensor CMOS Hybrid bukannya CMOS seperti pada kebanyakan kamera DSLR Canon lainnya. Dengan sensor CMOS ini anda akan lebih mudah mendetekteksi wajah dan kontras autofokus, bahkan sebelum anda menekan tombol shutter. Untuk ini terdapat 4 metode mendeteksi wajah, yitu face + tracking, flexizone – multi, flexizone – single dan quick mode.

Pada bagian mesinnya, kamera ini dilengkapi dengan Canon Digic 5 14-bit, cukup mumpuni untuk menemani hobi fotografi anda karena dapat menangkap 5 frame per detik. Untuk ISO sensitifnya, Canon EOS 650D dapat mencapai ISO 100-12800 yang bahkan dapat menjangkau ISO 25000.

Dimensi dan Berat

Untuk masalah dimensi, Canon EOS 650D memiliki dimensi 133.1 x 99.8 x 78.8mm / 5.2 x 3.9 x 3.1 inch dan dengan berat 520g / 18.3oz. (Body only).

Desain
Canon EOS 650D ini memiliki desainnya hampirlah sama dengan kamera Canon lainnya, perubahannya terjadi pada sklar on/off video menjadi satu arah.

Layar

Yang paling membuat kamera ini langsung tenar dalam waktu sekejap adalah karena fitur layar sentuhnya, karena Canos EOS 650D merupakan kamera DSLR pertama yang menggunakan layar sentuh pada layarnya. Dengan 3 inchinya, serta 7 tingkat kecerahan pastinya akan membuat anda sangat nyaman menggunakan layar kamera ini. Apalagi dengan panel operasi seperti Menu functions, Quick control screen, During Live View shooting (quick control screen operation, Selecting AF point/face, Touch shutter release), During movie shooting (quick control screen operation, Selecting AF point/face), Playback screen (image browsing (drag), Image jump (two-finger drag), Magnify/reduce (pinch operations), Scrolling around index or magnified image display), Direct print screen (image browsing (drag), trimming (pinch operations). Tak lupa pula dengan 25 pilihan bahasa.

Mode
Untuk bagian exposure mode terdapat 14 mode yaitu Program AE (Scene Intelligent Auto, Flash Off, Creative Auto, Portrait, Landscape, Close-up, Sports, Night Portrait, Handheld Night Scene, HDR Backlight control), shutter-priority AE, aperture-priority AE, manual exposure (including bulb). Dari ke-14 mode tersebut, mode yang paling baru adalah Handle Night Scene dan HDR Backlight Control, yang dapat membuat anda lebih mudah mengontrol cahaya pada cahaya yang kurang mendukung.

Video
Untuk anda yang juga senang merekam video, kamera ini juga dapat menjadi andalan anda. Karena dapat merekam video dala kualita Full HD (1920 x 1080 pixels), anda juga dapat merekamnya dalam kualitas yang lebih rendah. Untuk masalah suara ketika merekam video, anda dapat merekamnya dengan kualitas suara stereo ataupun menggunakan microphone external untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik.

Baterai
Untuk masalah baterai, Canon EOS 650D dilengkapi dengan baterai LP-E8, untuk mencharge-nya disedian AC adapter ACK-E8. Untuk ketahanan baterainya, menggunakan viewfinder shooting 470-550 kali mengambil gambar, menggunakan live view shooting, dapat mengambil gambar sampai 170-200 kali, untuk merekam video 80 – 100 menit merekam.

Harga Canon EOS 650D

Ini mungkin yang paling anda tunggu, untuk masalah harganya menurut admin cukuplah sebanding dengan fitur dan spesifikasi yang disuguhkan. Admin yakin, tak akan menguras dompet terlalu dalam untuk mendapatkan kamera ini. Harganya dipasaran terdapat 3 macam yaitu, Canon EOS 650D (Body Only) dibandrol dengan harga Rp 7.900.000, untuk Canon EOS 650D Kit I (EF S18-55 II) dibandrol dengan harga Rp. 8.750.000, sedangkan untuk Canon EOS 650D Kit II (EF S18-135 IS STM) dibandrol pada harga Rp. 11.200.000.

UPDATE!: Menurut pantauan admin di beberapa situs belanja online, harganya sekarang sudah turun. Canon EOS 650D Body Only harganya Rp. 6,890,000, untuk Canon EOS 650D Kit I harganya Rp. 7,730,000, sedangkan untuk Canon EOS 650D Kit II harganya Rp. 9,680,000.

Demikianlah spesifikasi, review dan harga Canon EOS 650D semoga ini dapat membantu anda sebelum memutuskan membeli kamera DSLR.

Baca ulasan lengkap disini dan disini


{ 18 comments... Views All / Send Comment! }

sita mengatakan...

kapan ya kebeli :o

Rieckie Azizat mengatakan...

Mantap

Anonim mengatakan...

pengennn.....

Anonim mengatakan...

pengennnn.....

Anonim mengatakan...

sik asik

miko japanes mengatakan...

perbedaan kit I dgn KIT II ap gan??

aulia afzal mengatakan...

@miko japanes, pada dasarnya sih sama, perbedaanya cuman terletak pada lensa yang diberikan.

kit menggunakan EF S18-55 IS II
kit II menggunakan EF S18-135 IS STM

untuk perbandingan, silahkan buka situs reesmi Canon Indonesia

http://www.canon.co.id/personal/products/interchangeable-lens-camera/dslr-eos/eos-650d-kit-ef-s18-55-is-2

http://www.canon.co.id/personal/products/interchangeable-lens-camera/dslr-eos/eos-650d-kit2-efs18-135-is-stm

Semoga membantu :)

Nurulia liea ^,^ mengatakan...

kapannn ya bisa kebeli :D

wahyu mengatakan...

1 kalimat buat artikel ini
kapan bisa beli??

Anonim mengatakan...

harganya lumayan merogoh kocek

Anonim mengatakan...

pertanyaan,,kapan ya harganya turun :D,,

ervina agustin mengatakan...

cuma bisa pegang yang temen aja, kapan bisa kebelinya yaah , mudah2n aja :(

Anonim mengatakan...

berharap harga cepet turun, biar bisa kebeli

Anonim mengatakan...

yang Kit II diturunkan harganya lagi donk :D
biar bisa kebeli :D

Erna Triwiningsih mengatakan...

Berharap, smoga suatu saat bisa memilikinya... Amiin

kiki gino mengatakan...

Insya Allah bulan dpn bsa beli sendiri..Amin

Andika Saputra mengatakan...

Bismillah, semoga bisa beli. Klo gk yang 60D ya 650D ini.
nabung dulu.

Muhammad Irhasy Fadlillah mengatakan...

harganya sulit dijangkau dari uang saku sehari-hari "pelajar" :D

Tinggalkan Komentar untuk Spesifikasi, Review dan Harga Canon EOS 650D